Iklan

Tips Menghitung Peluang Menang Main Poker

Kumendan kali ini akan membagikan cara menghitung peluang kartu yang akan keluar secara akurat. Trik ini biasanya digunakan oleh seorang yang profesional, artinya perlu pembiasaan diri dan belajar untuk menggunakannya. So, bagi anda para pemain poker online terutama uang sungguhan pelajari dan gunakanlah trik ini secara profesional. 
Berikut cara menghitung peluang kartu yang akan keluar secara akurat : 
Perhitungan peluang kartu yang akan keluar dalam bermain poker disebut OUTS, dimana perhitungan outs ini berfungsi untuk menentukan POT ODDS yaitu perbandingan / rasio antara jumlah total chip dalam pot dengan besarnya betting yang harus di calling saat itu.
 
OUTS adalah segala kartu yang belum terlihat pada deck (tumpukan sisa kartu pembagian) dan pada seluruh kartu di tangan lawan yang jika muncul / keluar pada board akan membuat kartu di tangan anda menjadi kombinasi terkuat dan memenangkan pot. Mengetahui OUTS merupakan bagian terpenting dalam strategi bermain poker, sebagai contoh dalam melakukan drawing flush, di tangan anda terdapat 2 buah kartu berdaun hati dan flop menghadirkan 2 buah kartu berdaun hati pula. Jumlah total kartu hati adalah 13 buah, yang telah terlihat 4 buah berarti yang belum terlihat adalah 9 buah kartu, sehingga anda dapat dikatakan memiliki 9 OUTS untuk anda dapat membuat kombinasi flush pada pembagian kartu berikutnya (turn dan river).
 
Cara termudah dalam menghitung persentase OUTS tersebut adalah sebagai berikut:
Anda memiliki 9 outs dan 2 babak (turn dan river) untuk menjadikan kombinasi flush = 9 x 2 – 18
Angka 18 selanjutnya dikalikan dengan 2 = 18 x 2 = 36
Jadi anda memiliki persentase outs sebesar 36% (34,97% tepatnya)
Setelah memperoleh persentase outs di atas, kita selanjutnya melakukan perhitungan pot odds seperti contoh berikut:
Saat ini dalam pot terdapat total chip sebesar $10 dan seorang lawan melakukan betting terhadap anda sebesar $2 sehingga anda wajib memasukkan minimal $2 ke dalam pot jika ingin melanjutkan permainan. Maka didapatkan perhitungan pot odds sebagai berikut,
pot odds = $10 + $2 / $2
pot odds = $12 / $2
pot odss = 6 berbanding 1
Pada contoh, anda saat ini memiliki pot odds sebesar 6 banding 1 atau 16,66%.
Selanjutnya perhitungan pot odd ini dipergunakan untuk melakukan perhitungan Expected Value (EV / perhitungan untung-rugi) dimana EV dihasilkan dengan membandingkan antara nilai hasil perhitungan pot odds dengan hasil perhitungan outs, dimana jika nilai outs lebih besar dari > nilai pot odds maka tindakan melakukan calling disebut EV positif (+EV) atau tindakan yang menguntungkan, demikian pula jika terjadi sebaliknya maka disebut EV Negatif (-EV) atau tindakan yang merugikan.
Dengan menggunakan contoh di atas, maka kita dapat menghitung Expected Value sebagai berikut:
+EV = Persentase Outs > Persentase Pot Odds
-EV = Persentase Outs <>
EV = 36% > 16,66% = +EV
Berdasarkan perhitungan EV di atas, jika anda melakukan calling atas betting sebesar $2 untuk melakukan drawing flush seperti contoh di atas maka tindakan anda tersebut merupakan tindakan yang menguntungkan dan tepat (+EV), justru jika anda melakukan fold (menutup kartu) maka tindakan anda tersebut adalah tindakan yang merugikan dan tidak tepat karena istilahnya anda saat itu memiliki odds untuk melakukan calling.
Dengan demikian dalam poker segala potensi tindakan (fold, call, raising) pada setiap babak sangat dipengaruhi oleh pot odds. Sebagai contoh semakin tinggi persentase pot odds yang anda miliki ketika menghadapi sebuah betting, maka semakin besar kecenderungan untuk anda melakukan folding demikian pula sebaliknya, semakin rendah persentase pot odds maka semakin tinggi kecenderungan anda melakukan calling. Misalkan anda menghadapi betting sebesar $1 dan dalam pot terdapat $1000 maka berdasarkan pot odds anda tidak memiliki alternatif lain kecuali melakukan calling.
Seiring bertambahnya jam terbang anda bermain dan membiasakan diri anda untuk selalu bertindak berdasarkan pot odds, maka secara jangka panjang anda akan bermain sebagai seorang pemenang karena anda selalu bermain secara +EV tentunya.
Masih kurang jelas? 
coba perhatikan baris :
EV = 36% > 16,66% = +EV

Selama Expected Value-nya positif (+), maka anda memiliki peluang untuk menang. Jika negatif, maka dapat dipastikan anda akan kalah…
Persentase Outs vs Persentase Pot Odds
Jumlah Total Kartu Pegangan Yang Ada Di Deck vs Jumlah Total Pasangan Saat Ini Dibagi Big Blind

Contoh:
Anda Pegang Pocket As (A-A), berarti masih tersisa 2 (outs) kartu As yang belum kelihatan (Baik di deck atau sudah terpegang oleh lawan)
hitungannya = 2 outs x 2 babak pembagian kartu lagi (Turn & River) = 4
selanjutnya untuk memperoleh persen outs nilai 4 tersebut dikalikan 2 menjadi 8%, jadi anda saat ini memiliki Persentase Outs sebesar 8% untuk membuat Pocket As (A-A) menjadi Three Of A Kind (A-A-A)

Total pasangan tengah saat ini misalnya $20 dan Big Blind adalah sebesar $2, maka Pot Odds saat ini adalah $20/$2 : $2/$2 = 10 : 1 atau sama dengan 10%

Dari Rumus di atas
EV Positif = Persentase Outs > Persentase Pot Odds, sedangkan 
EV Negatif = Persentase Outs < Persentase Pot Odds
 Dari contoh diatas, diperoleh :
8% (Persentase Outs) < 10% (Persentase Odds) sehingga menghasilkan EV Negatif (-EV)
Artinya: Jika Pocket As (A-A) yang anda pegang saat ini menghadapi Three Of A Kind dari lawan, maka kemungkinan besar anda akan kalah walaupun saat ini anda memegang Pocket As. Hal ini disebabkan anda hanya memiliki peluang sebesar 8% untuk 2 kali pembagian kartu guna memperoleh satu buah As dan membuat Three Of A Kind As untuk menjadi pemenang. Itulah sebabnya seringkali ketika memperoleh pembagian Pocket As (A-A) di tangan, seperti memperoleh Anugerah sekaligus Musibah.
Di satu sisi jika tidak ada Three Of A Kind untuk lawan maka dapat dipastikan anda pasti menang, namun sebaliknya jika Three Of A Kind tersebut terjadi untuk lawan, maka dapat dipastikan anda akan mengalami kekalahan yang besar jika tidak rela untuk menyadari bahwa Pocket As yang anda pegang telah dikalahkan oleh lawan.

Itulah pentingnya menghitung EV, dengan selalu memperhitungkannya, kita akan selalu tahu kapan untuk melakukan Calling, Betting, Raising dan Folding berdasarkan hasil perhitungan EV tersebut. Jadi setiap keputusan dan tindakan yang kita ambil adalah tidak berdasarkan besarnya kartu yang kita pegang, tetapi berdasarkan kondisi riil hasil perhitungan EV tersebut.
Jika -EV dan anda tetap memaksa melakukan calling, maka tindakan tersebut adalah murni "gambling" dan dalam jangka panjang anda akan mengalami kekalahan (Karena melawan aturan statistik). Namun sebaliknya jika +EV, maka anda akan mengikuti aturan Statistik dan dalam jangka panjang akan menjadi pemenang.
Tetap berlatih dan belajar, semoga bermanfaat.
terimakasih. sumber